Sabtu, 03 April 2010

Tugas Observasi Kelompok

Quantum Teaching and Learning

Download:





kelompok 4

4 komentar:

  1. (UAS) 1. Hari, coba beri alasan berdasarkan pendekatan proses pembelajaran yang kamu kuasai, mengapa posting di blogmu yang bulan April ini tidak mencantumkan uraian apapun kecuali judul saja.

    BalasHapus
  2. Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih kepada Ibu Filia Dina sebagai dose pengampuh mata Kuliah Paedagogi di Fakultas Psikologi Universias sumatera Utara.
    Ini merupakan konsep pembelajaran. Dimana dalam mengerjakan suatu tugas, sudah seharusnya kita membuat konsep yang membuat orang lain merasa tertarik terhadap tugas kita dan membuat orang merasa penasaran terhadap hasil dari tugas kita.
    Jika dikaitkan dengan peng-upload-an tugas di blog, itu merupakan suatu konsep pembelajaran Inteligensi dan Kreativitas. Dimana dalam blog, saya hanya mencantumkan judul saja, tapi di dalam blog saya juga membuat cara bagaimana tugas yang berkaitan dengan judul dalam blog agar bisa dilihat atau dibaca yaitu dengan mendownload filenya. Ini merupakan suatu solusi atau suatu konsep pembelajaran Inteligensi dan Kreatifitas. Sesuai dengan pengertian kretivitas, kreativitas adalah suatu proses yang menuntut keseimbangan dan aplikasi dari tiga aspek esensial kecerdasan analitis, kreatif dan praktis.
    Dengan menggunakan pembelajaran Kreativitas, kita akan berpikir bebas dengan tujuan agar tugas yang kita kerjakan bisa bermamfaat dan memacu semangat yang melihat atau yang membaca tugas kita. Dalam kasus ini, saya pribadi akan terpacu bagaimana cara membuat file yang kita buat bisa didownload orang lain, dan ini merupakan cara kita berfikir kreatif. Dan untuk pembaca, mereka akan terpacu untuk bersikaf analitis terhadap tugas itu, caranya yaitu mendownload filenya.
    Dengan demikian, saya membuat konsep seperti itu agar pembaca lebih termotivasi untuk lebih mengetahui isi dari tugas yang saya upload.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  3. (UAS) 2. Jawaban soal ini paling lambat saya tunggu hingga tanggal 13 Juni 2010. Menurut kamu, adakah teori paedagogi yang dapat menjelaskan alasan saya memperpanjang toleransi penyelesaian UAS no 2. ini? Coba uraikan.

    BalasHapus
  4. Menurut saya ada, sesuai dengan pendapat Van Parreren tentang bentuk belajar ini termasuk dalam bentuk belajar pengetahuan. Melalui bentuk belajar ini orang dapat mengetahui berbagai macam data mengenai kejadian, keadaan, benda-benda dan orang. Ciri khas dari hasil belajar yang diperoleh ialah orang dapat merumuskan kembali pengetahuan yang dimiliki dalam kata-kata sendiri. Selama proses pembelajaran pengetahuan perlu diusahakan agar pengetahuan yang baru dihubungkan dengan pengetahuan yang dimiliki bersifat fungsional.
    Sesuai dengan Contextual Teaching and Learning, apabila kita menemui suatu masalah kita harus dibiasakan memecahkan masalah, menemukan sesuatu yang berguna bagi diri sendiri, dan meneukan ide-ide. Dalam pembejaran ini pengalaman sangat penting, dimana pengalaman-pengalaman kita akan dihubungkan dengan pengetahuan yang nantinya akan memecahkan masalah yang dihadapi.
    Dengan demikian, alasan perpanjangan penyelesaian soal UAS ini, agar kita memiliki waktu untuk mencari ide-ide dan pengalaman serta pengetahuan yang dimiliki untuk memecahakan masalah yang dihadapi. Terimakasih.

    BalasHapus