Layanan Pemberian Informasi diadakan untuk membekali para
siswa dengan pengetahuan tentang data dan fakta di bidang pendidikan sekolah,
bidang pekerjaan dan bidang perkembangan pribadi-sosial, supaya mereka dengan
belajar tentang lingkungan hidupnya lenig mampu mengatur dan merencanakan
kehidupannya sendiri.
Dengan
demikian, menurut pandangan Hoppock, informasi yang disajikan kepada siswa dan
kemudian diolah oleh siswa, membantu untuk sekedar mengenal
alternative-alternatif yang ada dan variasikondisi yang berlaku (information use), untuk menyelidiki
semua kemungkinan dalam pilihan, tindakan dan bentuk penyesuaian diri (ek\xplonatory use), untuk memantapkan
keputusan yang sedikit banyak sudah
diambil (assurance use), untuk
mengecek ketelitian dan kesesuaian pengetahuan yang sudah dimiliki (evaluation use), untuk mendapat tilikan
terhadap rencana, gagasan dan keinginan yang kurang realisris dan kurang sesuai
dengan kenyataan lingkungan hidup (readjust
ive use), dan untuk dihubungkan dengan data tentang diri sendiri supaya
dapat diambil ketentuan yang mantap (synthesis
use).
Tipe-tipe informasi:
- Informasi tentang Pendidikan Sekolah, yaitu mencakup semua data mengenai variasi program pendidikan prajabatan dari berbagai jenis, mulai dari semua persyaratan peneriamaan sampai dengan bekal yang dimiliki pada waktu tamat.
- Informasi tentang Dunia Pekerjaan, yaitu mencakup semua data mengenai jenis-enis pekerjaan yang ada di masyarakat.
- Informasi tentang Proses Perkembangan Manusia Muda Serta pemahamana terhadap manusia mencakup semua data dan fakta mengenai tahap-tahap perkembangan serta lingkungan hidup fisik dnpsikologis, bersama dengan hubungan timbal balik antata perkembangan kepribadian dan pergaulan social di berbagai lingkungan masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar